SNMPTN DARI MASA KE MASA

Istilah SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri sudah tidak asing lagi bagi kita, khususnya para remaja SMA. Seleksi ini telah menjadi jembatan para lulusan SMA/SMK dan sederajat untuk melanjutkan pendidikan mereka jenjang perguruan tinggi.

Seperti apakah seleksi masuk perguruan tinggi negeri pada waktu lalu? 

SKALU

Istilah SKALU (Sekretariat Kerja Sama Antar Lima Universitas) adalah buyut dari segala nama seleksi masuk PTN (Perguruan Tinggi Negeri) di Indonesia. Istilah perebutan kursi PTN ini ngehits di tahun 1976. Sekitar 37 ribu lulusan SMA (Sekolah Menengah Atas) bersaing mendapatkan 'tiket' ke PTN. Lima universitas yang dimaksud adalah Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, Universitas Gajah Mada, dan Universitas Airlangga. Semuanya ada di Pulau Jawa. 

SKASU

Pada 1979, sistem SKALU dikembangkan dengan menambah lima universitas lagi, yaitu Universitas Padjadjaran di Bandung, Universitas Diponegoro Semarang, Universitas Brawijaya Malang, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, dan Universitas Sumatera Utara di Medan. Sejak itu, namanya dikenal jadi SKASU. Kemudian UGM membuat program penerimaan mahasiswa tanpa test dengan nama Perintis 1, diikuti universitas lain hingga Perintis 4.

Sipenmaru

Tahun 1983, pemerintah mengadopsi semua Perintis dan diberi nama Sipenmaru (kependekan dari Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru). Sedangkan untuk penerimaan mahasiswa baru tanpa ujian disebut PMDK (Penelusuran Minat dan Kemampuan).

UMPTN 

Tahun 1989, PMDK dihapus, kemudian Sipenmaru ganti nama jadi UMPTN (Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Nama UMPTN bertahan hingga 2001 yang setelahnya berganti nama.

SPMB

Setelah UMPTN, menurut SK Mendiknas No 173/U/2001 berubah nama menjadi SPMB (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru). SNMPTN 2008, pemerintah mengganti nama seleksi mahasiswa baru dari SPMB jadi SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Awalnya, SNMPTN hanya menerima jalur tertulis, kemudian pada 2011, bertambah dua jalur, yaitu jalur undangan dan jalur kuota.

SBMPTN 

Seleksi yang mengedepankan asas kepercayaan dan kebersamaan ini disebut Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Ujian tertulis menggunakan soal ujian yang dikembangkan sedemikian rupa sehingga memenuhi persyaratan validitas, tingkat kesulitan, dan daya pembeda yang memadai. 
Soal ujian tertulis SBMPTN dirancang untuk mengukur kemampuan umum yang diduga menentukan keberhasilan calon mahasiswa di semua program studi, yakni kemampuan penalaran tingkat tinggi (higher order thinking), yang meliputi potensi akademik, penguasaan bidang studi dasar, bidang saintek dan/atau bidang sosial dan humaniora. Selain mengikuti ujian tertulis, peserta yang memilih program studi Ilmu seni dan/atau keolahragaan diwajibkan mengikuti ujian keterampilan.

UMB PT

Pasca ditolaknya pelaksanaan SPMB oleh sebagian rektor PTN di Indonesia. PSPMBN (Perhimpunan SPMB Nusantara) tetap menyelenggarakan SPMB dengan nama UMB PTN. Pada tahun 2008, UMB PTN hanya diikuti oleh 5 perguruan tinggi negeri yaitu Universitas Indonesia, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Universitas Sumatera Utara, dan Universitas Hasanuddin. 
Sejak 2009 UMB PT merupakan sebuah program seleksi mahasiswa yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi negeri ataupun perguruan tinggi swasta.

No comments:

Post a Comment